mushroom (3)

Nanda Putri Rahmania

Steering Committee: Java Robot Contest X

9 Juli 2018

Secara resmi aku dan 11 teman satu angkatan menjadi SC(Steering committe) lomba robot terbesar di Indonesia. Kalau ditanya alasan mengapa memilih menjadi SC, aku akan menjawab “karena event itu menyenangkan”. Bahkan dari SMA saya selalu menjadi panitia event di organisasi yang aku ikuti. Tidak ada alasan khusus, hanya “saya menyukainya”. Karena cerita ini ditulis 4 tahun setelah kejadian, mungkin ada cerita yang miss, aku akan cerita garis besarnya saja.

Walaupun di bulan maret tahun yang sama, kami menjadi panitia JRC9 tapi kami cuma sebagai penyelenggara aja. Kami gatau gimana tentang konsepnya, pendanaan, bahkan sampai cari peserta. Jadi kami harus sharing ke kating(kaka tingkat) tentang JRC. Tapi disini cuma sharing ya, bukan mereka kita ajakin buat ngonsep.

Setelah sharing, kita nerapin tuh yang diajarin waktu LKMM TD. KIta bikin AKM(Analisa Kondisi Lingkungan). Terutama kenapa alasan kita mau JRC itu ada.

FUSION( Fourth Industrial Revolution)

FUSION itu nama tema yang kami ambil dengan tujuan menyamaratakan informasi mengenai Revolusi Industri 4.0. Dari tema itu kami mulai menentukan ada lomba aja di JRC nantinya. Oh ya, gak lupa buat liat perlombaan robot lainnya sebagai referensi. Setelah berdebat sana sini bahkan memicu pertengkaran, kami sepakat membuat 5 divisi lomba.

  1. Human Robot Coorperation (SD-Transporter Manual)
  2. Connected System (SMP-Line Tracer Analog dan Transporter Manual)
  3. Cloud Storage (SMA- LTM dan Transporter Manual)
  4. Advanced Robot (UMUM-MIKRO)
  5. Bot Battle (UMUM-SUMO)

Gimana? Keren kan namanya.

Sedikit cerita “lucu”. Awal dibentuk SC yang ngonsep cuma beberapa aja. Bahkan orang yang gak pernah ikut lomba robot yang bikin rule meskipun cuma garis besar aja sih. Kami juga bikin desain track dan dijadiin untuk lomba. Untung di pertengahan temen-temen SC udah ngumpul lagi dan ikut ngonsep terutama untuk ukuran dan rintangannya. Jadi bukan asal-asalan ya.

FLOORPLAN

Kami sempet bingung mau menyelenggaran JRC dimana. Apakah sama seperti tahun sebelumnya di D4, atau JRC pertama di gedung robotika ITS, di lapangan D3, Hall Pasca Sarjana atau lebih baik sewa tempat ya? Semua punya kelebihan dan kekurangan setelah ditimbang-timbang, kami memilih D4, karena mudah bisa ditonton dari lantai 2 dan 3, ada kelas kelas juga untuk peserta, dan ada sisa ruangan juga untuk basecamp.

Tentu ga cuma itu yang dipikirkan. Kami buat floorplan juga. Dan ternyata gak cukup, karena kami ngikutin Floorplan JRC sebelumnya yang 4 lomba aja, tapi setelah diperkecil space untuk jalan akhirnya bisa untuk 5 track+stage bahkan ditambah kursi untuk tamu.

Acara Pendukung+Sponsor

Selain lomba, JRC10 juga ada acara pendukung yaitu Workshop Robot, dan Workshop IoT. Keduanya dilaksanakan di hari yang sama. Jadi jelas kami harus membagi penitia. Dua hari acara workshop, tanggal 30-31 Maret 2019 berlangsung lancar, walaupun tentu ada beberapa masalah tapi kami bisa mengatasinya.

Untuk pendanaan kami bikin 3 plan; kaya, menengah, dan miskin. Kami berharap bisa menggunakan plan kaya untuk mengundang guest star penyanyi terkenal. Bahkan kami sudah mendapatkan 34 rate card penyanyi terkenal maupun pendatang baru. Tapi tidak semudah itu. Banyak sponsor yang mencairkan uangnya mendekati hari H, padahal kami membuat track 1-2 bulan sebelum hari H. Jadi kami ngumpulin uang dari Dana Usaha seperti jualan makanan di Taman Bungkul. Bahkan kami ngumpulin baju bekas panitia untuk dijual.

Jobdesk

Jadi sebenernya SC ngapain sih? Ngerjain semuanya?

Enggak, SC sebenernya tugasnya untuk ngonsep semua tentang acaranya. Dari tema, panitia, pihak kampus, peserta, bahkan sponsor. Dibawah SC ada kapten, yang tugasnya untuk handle masing-masing divisi. Seperti lomba, acara, dekorasi, dokumentasi, pendanaan, dll. Kami tetap memastikan apakah sudah sesuai, sudah selesai. Kalau belum, tentu akan ikut mengerjakan sama seperti panitia lainnya.

Kami tidak boleh nganggur saat panitia lain bekerja. Kami harus ikut bekerja seperti mereka. Karena ketika yang menjadi otak itu sakit, maka badan, tangan, dan kaki juga akan sakit.

Big Love, SC JRC10

Bersama kalian bukan hanya teknis acara. Tapi yang lebih penting adalah membentuk kepribadianku. Aku yakin semua SC ngerasain kalo di JRC kami belajar cara berpikir cepat, mengambil resiko terkecil, bahkan cara mengelola emosi.

Dari kalian aku belajar, cara berbicara, mendengar, dan menerima.

Cara Mencerahkan Kulit dengan Scrub dari Mustika Ratu

Siapa sih yang tidak ingin punya kulit cantik, kinclong, cerah, dan bercahaya? Jika Anda juga menginginkannya, pastikan untuk selalu memberikan perawatan optimal terhadap kulit salah satunya dengan rutin menggunakan scrub baik di kulit wajah atau di kulit badan.

Ada banyak merk atau brand kecantikan di Indonesia yang juga mengeluarkan produk scrub baik untuk scrub wajah atau scrub badan, salah satunya Mustika Ratu. Berikut kami akan ulas untuk Anda tentang apa saja produknya dan bagaimana cara mencerahkan kulit dengan Scrub dari Mustika Ratu. Yuk simak!

Cara Mencerahkan Kulit dengan Scrub dari Mustika Ratu

Bilas badan jika akan menggunakan scrub badan

Jika bagian yang akan dicerahkan adalah kulit badan, Anda perlu bilas badan terlebih dahulu. Tidak harus mandi dengan sabun, Anda cukup basahi saja badan yang nantinya akan ditreatment dengan menggunakan scrub Mustika Ratu.

Cuci muka jika akan menggunakan scrub wajah

Sebelum menggunakan produk Mustika Ratu untuk mencerahkan kulit wajah, rutinitas pertama yang harus dilakukan adalah mencuci wajah terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan sabun wajah atau facial foam halus untuk mencuci wajah.

Pilihan scrub badan dari Mustika Ratu

Mustika Ratu punya cukup banyak varian scrub badan yang bisa dipilih untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit, di antaranya :

  • Mustika Ratu Body Scrub Zaitun, merupakan produk body scrub dari Mustika Ratu yang diperkaya kandungan minyak zaitun alami dan berkhasiat melembabkan, menghaluskan, serta mencerahkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati di tubuh.
  • Mustika Ratu Body Scrub Kopi, mengandung butiran kopi yang dapat mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh.
  • Mustika Ratu Body Scrub Pepaya, mengandung enzim papain dari pepaya yang dapat membantu meregenerasi sel kulit dan mengangkat pori – pori yang tersumbat sehingga kulit jadi lebih sehat dan cerah.
  • Mustika Ratu Body Scrub Mawar, Scrub yang mengandung ekstrak mawar yang menenangkan kulit dan aromanya sangat segar sehingga sangat cocok menjadi teman mandi di rumah.
  • Mustika Ratu Body Scrub Melati, memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengembalikan kelembaban kulit.

Mustika Ratu Body Scrub hadir dalam kemasan 200 gram yang dibanderol dengan harga 48 – 49 ribu rupiah per pot produk. Cukup terjangkau bukan?

Gunakan peeling gel mustika ratu sebagai scrub wajah

Mustika Ratu juga memiliki produk scrub untuk wajah yakni peeling gel dengan beberapa varian yaitu Mustika Ratu Peeling Mundisari dan Mustika Ratu Peeling Lemon.

Kandungannya sangat cocok bahkan untuk kulit sensitif. Produk ini dapat menyeimbangkan pH pada kulit, mencerahkan dan menenangkan kulit. Produk peeling gel Mustika Ratu juga dikemas secara praktis dengan tutup flip top yang memudahkan penggunaannya.

Dengan kemasan kecil, produk ini sangat cocok dibawa kemana – mana. Untuk harga, Mustika Ratu peeling gel yang di dalamnya memiliki butiran – butiran scrub halus sehingga tidak akan menyakiti kulit wajah dibanderol dengan harga Rp 13.500,00 saja.

Mengenai cara pemakaiannya cukup mudah. Pertama, bersihkan dulu wajah lalu oleskan peeling gel Mustika Ratu ke area wajah secara merata, pijat perlahan dengan lembut untuk mengangkat sel kulit mati sekitar 3 – 4 menit.

Jika sudah, biarkan sebentar dan bilas dengan air hangat. Perawatan rutin dengan peeling gel perlu dilakukan 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. Jangan terlalu sering juga ya.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait cara mencerahkan kulit dengan scrub dari Mustika Ratu baik scrub wajah atau scrub badan. Rawat kulit wajah dan badan Anda secara menyeluruh dan dapatkan kulit cantik, cerah, dan sehat.

Cara Menggunakan Pewangi Untuk Kehidupan Sehari – Hari

Tak hanya untuk kepentingan usaha laundry, cara menggunakan pewangi juga perlu dipahami bagi remaja, anak kos, atau ibu rumah tangga agar pakaian yang selesai dicuci memiliki aroma harum yang tahan lama.

Bagi Anda yang ingin menghemat dana dengan mencuci baju sendiri, menyetrika baju sendiri, dan memberikan wangi – wangian sendiri tentu akan sangat membutuhkan informasi yang kami bagikan kali ini. Jadi simak informasinya sampai akhir ya!

Cara Menggunakan Pewangi Untuk Kehidupan Sehari – Hari

Jangan mencampur pewangi dengan air

Banyak orang berniat melakukan penghematan dan salah satu cara yang dipilih adalah mencampur pewangi dengan komposisi air. Apakah hal tersebut baik? Tentu saja tidak.

Parfum pewangi pakaian apapun kalau dicampur dengan air akan memiliki kadar kelembaban tinggi yang mengakibatkan pakaian berjamur. Apalagi kalau pakaian tersebut akan disimpan di almari dalam jangka waktu lama, potensi berjamurnya akan sangat tinggi jika disemprot dengan pewangi pakaian yang dicampur air.

Pastikan pakaian kering sebelum disemprot pewangi

Biasanya pewangi akan disemprotkan pada pakaian ketika selesai dicuci dan dijemur. Sebelum pewangi disemprotkan, pastikan pakaian yang akan diberi pewangi benar – benar sudah dalam kondisi kering dan tidak lembab.

Jika pakaian disemprot pewangi dalam kondisi lembab atau bahkan basah maka hal yang akan terjadi adalah pakaian menjadi lembab dan akhirnya menjadi sarang jamur, selain itu pakaian juga akan bau ‘apek’ atau tidak fresh.

Gunakan semprotan yang tepat untuk menyemprot pewangi pada pakaian

Semprotan yang digunakan untuk menyemprot pewangi ke pakaian juga akan memengaruhi hasil. Jika semprotan yang dipakai menyemprotkan pewangi ke pakaian memiliki lubang satu arah, maka hasilnya pewangi akan nemplok di satu sudut pakaian dan hal tersebut meningkatkan faktor kelembabannya.

Karena itu, cari semprotan yang dapat mengeluarkan cairan berupa buih ke segala arah sehingga cairan yang disemprotkan akan teralihkan ke pakaian seperti asap tanpa meninggalkan bekas noda atau bekas cairan apapun. Dengan begitu, kelembaban pakaian pun terjaga.

Atur dan jaga jarak penyemprotan pewangi

Ada baiknya pewangi disemprotkan ke pakaian dengan jarak sekitar 20 cm. Jarak tersebut merupakan jarak yang sangat ideal untuk menyemprotkan pewangi ke pakaian.

Jadi jangan terlalu dekat tapi jangan juga terlalu jauh. Sebab pewangi bisa saja menguap di udara dengan bebas jika disemprotkan terlalu jauh sehingga aromanya tidak menempel ke pakaian.

Gunakan pewangi pakaian yang tidak meninggalkan noda

Merk pewangi pakaian sebenarnya sangat banyak. Bahkan pewangi yang dijual kiloan juga ada. Biasanya pewangi kiloan merupakan produk pewangi pilihan pemilik usaha laundry karena harganya dibanderol lebih murah dibandingkan pewangi bermerk.

Pewangi kiloan, jika dipakai untuk kebutuhan pribadi sebenarnya juga boleh. Apapun tujuan penggunaan pewangi kiloan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah kualitasnya.

Pewangi kiloan atau pewangi bermerk bisa dikatakan berkualitas bagus jika tidak meninggalkan noda pada pakaian ketika disemprot atau digunakan. Jadi pastikan untuk menguji coba sebuah merk atau produk pewangi dulu sebelum benar – benar memutuskan memakainya untuk jangka panjang.

Jika produk tersebut tidak meninggalkan noda pada pakaian ketika disemprot atau digunakan, maka artinya pewangi tersebut berkualitas bagus dan sangat cocok untuk jangka panjang.

Demikian informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait cara menggunakan pewangi untuk kehidupan sehari – hari. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang membawa inspirasi dan bermanfaat.

Cara Menggunakan Sunscreen dalam Kehidupan Sehari – Hari, Cewek Wajib Tahu!

Sunscreen menjadi sebuah basic skincare yang sangat penting bagi wanita. Bukan hanya untuk menjaga kulit agar tetap bersih, putih, sehat, dan terawat, kehadiran sunscreen juga sangat penting untuk membantu kulit menangkal pengaruh buruk dari paparan sinar matahari.

Selain pemilihan merk sunscreen yang tepat dan BPOM, hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam penggunaan sunscreen adalah cara pengaplikasiannya. Berikut kami akan ulas untuk Anda cara tepat mengaplikasikan atau menggunakan sunscreen di kulit wajah dalam kehidupan sehari – hari, yuk simak!

Cara Menggunakan Sunscreen dalam Kehidupan Sehari – Hari

Aplikasikan sunscreen sebanyak 2 ruas jari

Sebelum membahas bagaimana cara menggunakan sunscreen, kita perlu tahu dulu maksud dan tujuan penggunaan sunscreen. Sunscreen digunakan untuk tujuan memproteksi kulit dari paparan sinar matahari.

Karena sebagai proteksi, hindari pemakaian sunscreen yang terlalu sedikit karena tidak akan optimal manfaatnya. Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen di kulit sebanyak 2 ruas jari, jangan takut habis. SPF yang terdapat pada sunscreen beragam, minimal gunakan sunscreen dengan perlindungan SPF 30+.

Jangan buru – buru, tunggu terserap sempurna

Dalam penggunaan sunscreen, jangan terburu – buru. Pastikan Anda menggunakan atau mengaplikasikan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah. Setelah itu baru Anda bisa lebih aman beraktivitas di bawah sinar matahari karena sunscreen sudah terserap oleh kulit dan memproteksi kulit secara maksimal.

Ketahui urutan penggunaan sunscreen

Skincare wanita ada banyak jenisnya dan setiap wanita biasanya sudah memiliki ritual penggunaan skincare yang berbeda – beda.

Apapun perbedaan itu, pastikan untuk tidak asal dalam penggunaan sunscreen karena sangat penting. Jika Anda merupakan tipe orang yang menggunakan toner dan pelembab, pastikan Anda gunakan toner dan pelembab terlebih dahulu sebelum sunscreen.

Baru setelah toner dan pelembab digunakan, sunscreen bisa Anda gunakan setelahnya. Jika Anda ingin menggunakan bedak, pastikan Anda pakai bedak yang juga memiliki manfaat perlindungan dari sinar matahari yakni bedak yang mengandung SPF.

Jangan malas re-touch

Malas banget bolak – balik pakai sunscreen! Yaps, banyak banget wanita yang seperti itu. Hal tersebut sebenarnya wajar, tapi jangan dibiasakan.

Anda perlu tahu bahwa sunscreen perlu di re-touch berulang – ulang setiap 3 jam sekali. Hal tersebut karena manfaat proteksi sunscreen hanya bertahan selama 3 jam saja. Karena itu jangan pernah merasa kerepotan untuk melindungi kulit dari bahaya pengaruh buruk sinar matahari.

Bawa selalu sunscreen kemana pun Anda pergi dan re-touch tanpa merasa malas. Jika sedang sangat terburu – buru, Anda bisa selalu bawa sunscreen dalam bentuk spray sebagai cadangan. Jadi kalau tidak ada terlalu banyak waktu untuk re-touch sunscreen lotion, maka sunscreen spray dapat menjadi solusinya.

Apakah sunscreen hanya bisa dipakai wanita? Tentu tidak. Kulit pria juga butuh perlindungan dari sinar matahari karena itu sunscreen juga perlu dipakai oleh pria.

Sekarang bahkan sudah ada skincare dan sunscreen khusus yang didesain dan diformulasikan untuk melindungi dan merawat kulit pria. Jadi pria bisa memilih dan menggunakan produk yang memiliki formula cocok untuk kebutuhan kulitnya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait cara menggunakan sunscreen dalam kehidupan sehari – hari. Pastikan jangan abai dengan kesehatan dan perawatan kulit Anda. Berikan perawatan maksimal untuk membuat kulit cantik, bersih, sehat, dan terawat salah satunya dengan penggunaan sunscreen yang tepat.

Pentingnya Memahami Cara Menggunakan Pewangi dengan Tepat

Mengapa cara menggunakan pewangi secara tepat itu penting? Penggunaan pewangi yang tepat pada pakaian menjadi sangat penting karena berbagai macam alasan.

Bagi Anda yang ingin tahu alasannya apa saja, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan untuk Anda informasinya. Jadi yuk simak baik – baik, jangan sampai salah pilih pewangi ya!

Pentingnya Memahami Cara Menggunakan Pewangi dengan Tepat

Agar pakaian wangi tahan lama

Pewangi yang disemprotkan secara tepat, dengan jarak semprot yang tepat, dan alat semprot yang tepat tentu akan bagus hasilnya. Hasil yang bagus akan memengaruhi ketahanannya.

Pakaian dapat wangi bertahan lama bahkan sampai berminggu – minggu kalau disemprot dengan pewangi berkualitas, ditunjang jarak dan alat semprot yang memadai. Jadi jangan remehkan kedua hal tersebut dalam proses pemberian pewangi pada pakaian.

Agar dapat menghemat pewangi dengan penggunaan yang tepat

Dengan jarak semprot yang tepat, pewangi tidak akan menguap ke udara. Dengan alat semprot yang memadai, pewangi tidak akan tumpah atau terlalu banyak keluar sehingga penggunaan pewangi dapat lebih hemat.

Alat semprot yang tepat sendiri seperti apa?

Alat semprot yang tepat adalah alat semprot yang memiliki titik lubang menyebar tidak pada satu titik sehingga nantinya pewangi yang keluar dari alat tersebut terdistribusi dengan baik sehingga tidak menimbulkan bercak pada pakaian.

Agar pakaian tidak berjamur

Kalau pewangi disemprot asal, apalagi kalau mengendap di satu titik tentu dampak lainnya dapat mengakibatkan jamur pada pakaian. Karena itu, dengan memahami cara menggunakan pewangi dengan tepat maka dapat meminimalisir potensi pakaian menjadi berjamur.

Pastikan juga kondisi pakaian yang akan disemprot pewangi. Pastikan pakaian tidak dalam kondisi setengah basah ketika disemprot pewangi karena dapat mengakibatkan jamur. Apalagi kalau setelah disemprot, pakaian yang masih dalam kondisi ada yang basah tersebut, langsung dimasukkan ke dalam almari pakaian.

Kalau sudah muncul bercak jamur, pakaian tidak akan bisa dipakai dengan normal kembali dan kalau pun dipakai dapat mengurangi rasa percaya diri orang yang memakainya. Jadi jaga pakaian Anda baik – baik dengan treatment cara mencuci dan cara memberikan pewangi yang tepat.

Agar pakaian tidak bau

Baju yang dipakai sehari – hari biasanya akan terpapar dengan aroma keringat, debu, polusi, dan sinar matahari yang mengakibatkan bau – bauan menempel di pakaian. Nah, dengan penggunaan pewangi, semua hal yang dapat memicu bau – bauan tersebut dapat diredam sehingga pakaian tetap wangi dan tahan lama.

Pastikan tidak asal memilih merk atau jenis pewangi karena pewangi yang berkualitas pastinya dapat mengusir berbagai jenis bau utamanya bau membandel supaya pakaian harum sepanjang hari.

Menjadi pelembut pakaian

Tak hanya memberikan aroma segar dan wangi yang tahan lama pada pakaian, pewangi juga memiliki fungsi tambahan yaitu untuk membantu melembutkan pakaian. Biasanya, baju menjadi lecek setelah melewati proses pencucian pakaian entah itu pencucian pakai mesin cuci atau secara manual.

Kalau pun disetrika terkadang hasil setrikanya tidak rapi. Tapi kalau diberi pewangi, menyetrika pakaian jadi lebih mudah. Bagian – bagian yang sulit disetrika pun lebih gampang disetrikanya karena memang di dalam pewangi terdapat kandungan pelembut yang dapat melembutkan struktur kain sehingga hasil setrikanya pun bagus.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan mengapa pewangi sangat penting digunakan pada pakaian. Jadi jangan lupa semprotkan pewangi pada pakaian Anda dan dapatkan semua manfaat yang kami sebutkan di atas.

Poin Penting dalam Penggunaan Pewangi yang Harus Anda Ketahui

Pewangi menjadi sebuah pelengkap penting dalam kegiatan membereskan pakaian. Belum lengkap rasanya beres – beres pakaian kalau belum disemprot pewangi. Agar hasilnya semakin maksimal, dalam penggunaan pewangi ada beberapa poin penting yang perlu dipahami.

Apa sajakah poin penting dalam penggunaan pewangi yang perlu dipahami? Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya supaya pakaian bukan hanya bersih tapi juga wangi dan harum tahan lama. Jadi simak informasinya ya!

Poin Penting Penggunaan Pewangi

Jaga jarak aman penyemprotan

Hindari menyemprotkan pewangi sembarangan. Cari tahu berapa jarak aman penyemprotan pewangi supaya pewangi tidak menguap ke udara tapi juga tidak menimbulkan bekas pada pakaian.

Baiknya pewangi disemprotkan pada pakaian dengan jarak sekitar 20 cm. Jarak tersebut merupakan jarak ideal dalam penyemprotan pewangi pada pakaian. Jadi, hindari menyemprotkan pewangi terlalu dekat atau terlalu jauh jika ingin pakaian wanginya tahan lama dan tidak berjamur.

Semprotkan pewangi hanya jika kondisi pakaian sudah benar – benar kering

Pakaian yang sudah disemprotkan pewangi bisa saja berjamur jika pakaian disemprot pewangi dalam kondisi setengah basah atau tidak benar – benar kering. Jadi pastikan sebelum pewangi disemprotkan, cek kondisi pakaian.

Jika pakaian masih dalam kondisi basah atau setengah basah, lebih baik keringkan terlebih dahulu. Kalau kondisinya sudah benar – benar kering, baru Anda bisa semprotkan pewangi.

Kondisi pakaian yang setengah basah atau masih basah dan disemprot pewangi bukan hanya menimbulkan jamur, tetapi juga menimbulkan bau tidak enak pada pakaian.

Jangan berpatokan pada harga, berpatokanlah pada kualitas

Apakah pewangi yang bagus pasti harganya mahal? Belum tentu. Jadi pastikan bahwa dalam memilih pewangi, gunakan pewangi yang kualitasnya bagus. Anda bisa cek dulu kualitasnya dengan membeli satu dan semprotkan pada pakaian yang tidak dipakai.

Jika pewangi tersebut menimbulkan bercak kekuningan dan noda maka kualitas pewangi tersebut tidak bagus. Tapi kalau pewangi tersebut tidak menimbulkan bercak dan noda, maka Anda bisa memilihnya untuk penggunaan jangka panjang karena kualitasnya dapat diandalkan.

Jangan mencampur pewangi dengan air

Instrumen air memiliki kadar kelembaban yang memicu timbulnya jamur pada pakaian. Karena itu, hindari mencampur pewangi dengan air meski Anda ingin berhemat sekalipun.

Pewanginya dihemat tapi kalau bajunya berjamur tentu menjadi sangat percuma. Apalagi kalau jamur tersebut timbul pada pakaian kesayangan Anda.

Semprotkan pewangi pada pakaian secara tepat

Poin penting lain dalam penggunaan pewangi adalah alat semprot. Hindari mengucurkan pewangi dengan tangan atau alat semprot satu arah karena pewangi akan cepat habis.

Selain itu pewangi juga akan mengendap di satu titik yang menimbulkan bercak tidak enak dilihat. Pastikan pilih alat semprot yang memiliki titik tersebar sehingga ketika disemprot, pewangi dapat menguap seperti udara dan tidak meninggalkan bekas apapun.

Wrap pakaian untuk mempertahankan aroma wangi pewangi

Mengapa pakaian yang dilaundry di wrap dengan plastik laundry setelah selesai diberi pewangi? Salah satu alasannya selain kerapian adalah untuk mempertahankan aroma wangi pada pakaian. Setelah pakaian diwrap, aroma wangi dari pewangi tidak akan menguap begitu saja karena menempel di ruang wrap sehingga pakaian bisa wangi berhari – hari bahkan berminggu – minggu.

Itulah beberapa poin penting dari penggunaan pewangi yang harus dipahami. Baca dan terapkan informasi yang kami bagikan di atas, supaya wangi pakaian dapat bertahan lama.

Review Parfum Onix Rose : Pengalaman Aroma yang Memikat

Parfum menjadi kebutuhan bagi setiap orang bukan hanya untuk menunjukkan karakter, tetapi untuk meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan aroma yang menyenangkan. Dalam pemilihan parfum, setiap orang pasti punya ‘taste’ atau selera yang berbeda.

Taste atau selera pemilihan parfum bagi pria dan wanita juga pasti berbeda. Jika Anda adalah wanita dan sedang mencari parfum dengan aroma harum yang menawan, Anda bisa pilih parfum Onix Rose. Parfum apakah itu? Berikut reviewnya!

Review Parfum Onix Rose

Onix merupakan sebuah merk parfum lokal yang sudah ada sejak tahun 2010 dengan nama beken Onix Fragrance. Brand lokal ini hadir dengan berbagai pilihan aroma harum yang unik. Ada parfum dengan aroma bunga, buah, woody, oriental, aroma yang soft, sampai dengan aroma yang bold.

Biasanya wanita akan suka dengan aroma – aroma parfum yang soft, sementara pria akan suka dengan aroma – aroma parfum yang bold. Untuk Anda yang suka parfum dengan aroma soft, maka salah satu varian parfum Onix Fragrance yang Anda wajib pilih adalah Onix Rose.

Rose merupakan varian parfum Onix Fragrance yang diluncurkan dengan tema Titanic Parfume. Rose merupakan parfum untuk wanita yang diluncurkan bersamaan dengan varian lain yaitu Jack yang merupakan parfum untuk pria dan beraroma maskulin.

Jika Anda tertarik untuk tahu lebih jauh tentang varian parfume Rose dari Onix Fragrance, bisa simak informasi berikut :

Aroma

Varian rose dari Onix Fragrance merupakan varian parfum yang memiliki nuansa manis dan harum yang menenangkan. Anda yang suka aroma – aroma parfum sweet kewanita – wanitaan, pasti akan sangat suka dengan aroma yang diberikan parfum ini.

Kesegaran aroma floral yang tidak terlalu oriental karena bercampur dengan aroma manis powdery yang diberikan, akan membuat Anda merasa jatuh cinta dengan parfum yang satu ini. Dijadikan sebagai pilihan parfum untuk berkencan di malam hari dengan pacar, tunangan, atau pasangan pasti sangat cocok. Wujudkan dinner romantis dengan orang terkasih bersama aroma parfum yang tak terlupakan. 

Packaging

Botol berwarna putih yang menjadi tempat parfume memberikan kesan elegan pada parfum Rose dari Onix Fragrance ini. Packagingnya sangat oke, dibalut dengan tutup bernuansa kayu menjadikan packaging parfum Onix ini semakin elegan dan sempurna.

Kalau Anda tipe orang yang suka pergi dengan membawa parfum, parfum Rose ini tidak akan malu – maluin kalau dibawa kemana – mana.

Masa pakai

Dengan botol yang berukuran sedang, tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar, parfum ini menjadi parfum yang cocok dipakai sehari – hari dan cukup tahan lama. Satu botol parfum Rose dengan penggunaan rutin setiap hari dapat bertahan sekitar 3 bulan.

Wanginya tahan lama

Selain masa pakai yang cukup lama, aroma wangi dari parfum juga tahan lama. Dengan harga yang tidak terlalu mahal karena dibawah 200 ribu rupiah per botol, parfum ini termasuk kategori parfum yang tahan lama.

Ketika disemprotkan beberapa kali ke area tubuh, parfum bisa bertahan dalam kurun waktu sekitar 6 – 8 jam lamanya. Padahal parfum dengan harga setara parfum ini rata – rata hanya bertahan sekitar 4 – 5 jam saja. Itulah sedikit review yang kami dapat bagikan terkait parfum Onix Fragrance varian Rose. Anda yang suka aroma parfume manis dan segar bisa menjadikan varian parfum Rose dari Onix Fragrance ini p

Kenapa harus Disebut “Anu”?

“Kamu kalo duduk jangan gitu, nanti anu kamu kelihatan lho”

“Eh anu-ku sakit banget nih”

Siapa yang pernah pakai kata anu? Sepertinya hampir semua orang ya. Menggunakan kata anu sebagai pengganti kata lain yg tujuannya untuk mempermudah pengucapan. Atau bahkan karena malu menyebutnya. Seperti kasus di atas yaitu penyebutan anu untuk bagian tubuh.

Ternyata itu nggak baik lho. Kenapa harus disebut anu padahal kita bisa dengan leluasa menyebutnya seperti bagian tubuh lain. Hidung, leher, mata contohnya.

Nggak cuma anu, menggunakan kata pengganti seperti burung, boo-boo, miaw juga sama tidak baiknya.

Menyebut bagian tubuh dengan nama sebenarnya bisa menghindari pelecehan seksual. Kaget? Sama aku juga waktu pertama kali tau.

Kebanyakan orang akan malu untuk menyebutkan nama bagian tubuh, terutama vagina, penis. Nggak ada alasan malu karena itu bagian tubuh kita. Alih-alih malu, kita harus tau kenapa nggak boleh dilihat sama orang lain.

Ya alasan singkatnya untuk menjaga kehormatan dan nafsu ya.

Dan ngapain kita yang punya bagian tubuh malu? Harusnya orang yang memaksa untuk melihanya dan memegang yang bukan miliknya yang malu.

Menggunakan kalimat ‘lucu’ sebagai pengganti juga akan memberi kesempatan untuk pelaku pelecehan seksual. Pedofil akan dengan mudah membujuk anak melakukan hal yang tak pantas sebagai “kegiatan bersenang-senang” dan anak pun akan menuruti kemauannya. 

Lalu bagaimana jika orang lain akan atau telah menyentuh bagian tubuh kita? Terutama bagian sensitif. Yaitu dengan berkata “Tidak jangan menyentuh payudaraku!”, dan melaporkannya kepada orang tua, atau pihak berwajib. Jika menggunakan kata “anu”, akan memberi kesan bagian itu tabu dan nggak boleh disebutkan di depan umum. Jangan sampai juga membuat korban pelecehan seksual menjadi malu karena di mindset-nya itu adalah hal tabu.

Kemungkinan terburuk jika sampai harus duduk di pengadilan menjadi saksi karena pelecehan seksual. Penyebutan bagian tubuh dengan benar akan memberatkan terdakwa daripada menyebutnya dengan “anu” atau kata pengganti lain.

Dan terakhir mempermudah diagnosa medis. Dengan menyebut misalnya vagina, akan mempermudah petugas medis untuk mengambil tindakan.

Kita nggak perlu lagi malu untuk menyebut vagina, penis, payudara, bohong dan bagian sensitif lain karena bagian tubuh itu wajar untuk disebut setiap hari, sama seperti bagian tubuh lain. Bukan hal tabu yang dan merupakan bagian dari kesehatan serta tanggungjawab untuk merawat dan menggunakannya dengan baik dan benar.

Bahasa Kok Mempersulit? #dukungBISINDO

“Menjadi tuli itu berat, tetapi menjadi tuli di Indonesia jauh lebih berat.”, Pat Pensiunan.

Saat ini, di Indonesia ada 2 bahasa isyarat yang digunakan oleh penderita tuli yaitu BISINDO(Bahasa Isyarat Indonesia) dan SIBI(Sistem Bahasa Isyarat Indonesia). 

Apakah perbedaan keduanya?

SIBI dan BISINDO merupakan dua bahasa isyarat yang berbeda. SIBI merupakan bahasa isyarat buatan yang dibuat oleh orang dengar dan berasal dari bahasa serapan American Sign Language (ASL). Sedangkan BISINDO diciptakan oleh GERKATIN(Gerakan Kaum Tuli Indonesia) sejak 1966 dan secara alami berkembang sehingga di beberapa provinsi berbeda bahasanya. 

Gambar diatas merupakan penggunaan huruf pada bahasa isyarat. Kita ambil contoh pada huruf S, pada BISINDO tangan jelas membentuk huruf S. Bahkan bagi orang yang tidak pernah belajar bahasa isyaratpun lebih mudah mengenali S dengan BISINDO daripada SIBI.

Hingga saat ini BISINDO tidak diakui oleh pemerintah dan hanya mengakui SIBI sebagai bahasa isyarat. SIBI sudah diatur pada UU sebagai kurikulum di SLB(Sekolah Luar Biasa). Padahal dari bahasanya menurut orang tuli SIBI lebih susah untuk dipraktikan. Mereka beranggapan karena yang membuat adalah orang dengar dan membuat orang tuli menjadi terkucilkan. Lalu, mengapa bahasa yang diciptakan untuk mempermudah malah mempersulit? 

Yuk #dukungBISINDO supaya mereka dapat memperoleh perhatian pemerintah. Sehingga BISINDO dapat menjadi bahasa isyarat yang diakui di Indonesia. Bersama-sama kita #dukungBISINDO dengan cara buka website dukungbisindo.com dan minta Presiden Jokowi melalui tagar #dukungBISINDO.

Sumber :
Instagram Surya Sahatepy
Wikipedia

Pantaskah Fetish Dihina?

tangkapan layar atas cuitan @m_fikris

Lagi dan lagi.

Kasus penyimpangan seksual kembali terjadi di Indonesia. Salah satu mahasiswa kampus terbaik di Jawa Timur berinisial G menjadi viral di Twitter setelah adanya thread berjudul “Fetish Kain Jarik”.

Akun twitter @m_fikris menceritakan dirinya mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh G. Yaitu dengan menyuruhnya untuk membungkus diri dengan kain jarik. 

Akhirnya tweet ini menjadi ramai dan korban lainnya mulai bermunculan menceritakan pengalamannya masing-masing. Setelah berita ini tersebar dimana-mana, kampus UNAIR mengambil tindakan dengan  mengeluarkan G karena dianggap melanggar kode etik dan nama baik UNAIR. Check canceltimesharegeek.

Sebelumnya, kita harus mengenal istilah fetish. Istilah yang menjadi viral ini memiliki arti adalah dorongan seksual yang berhubungan dengan benda mati atau benda hidup. 

Di sini G memiliki fetish terhadap kain jarik. Fetish merupakan salah satu bentuk dari penyimpangan seksual/kelainan seksual. Hal ini bisa jadi diakibatkan oleh trauma masa kecil maupun kelainan saraf pada otak. Karena itu penyimpangan seksual perlu mendapat penanganan dengan segera, sebelum pelakunya menyakiti diri sendiri atau menimbulkan masalah hukum.

Menurut hukum islam, pelaku pelaku penyimpangan seksual pantas dihukum mati. Namun, karena ini Indonesia, hukum ini tidak dapat diterapkan. Jika tindakan penyimpangan memenuhi unsur kriminal, barulah penegak hukum akan bertindak.

Seperti tindakan yang dilakukan G ini. Akibat dari tindakannya yang menyimpang, ia di-DO oleh kampusnya. Meskipun penegak hukum masih memeriksa G, masyarakat telah bertindak lebih awal. 

Puluhan, ratusan, atau mungkin ribuan orang berkomentar mengenai G. Bukan komentar yang membangun, G justru dihina oleh orang-orang ini. 

Pernahkah terbayang, bagaimana kondisi G dengan kelainannya yang mungkin sebenarnya jauh di dalam lubuk hati dia ingin menjadi manusia normal. Bukan menganggap dia tidak pantas dihukum. 

Tetapi karena kita tahu bahwa itu salah, apakah kita menjadi berhak menghina karena merasa benar? Bagaimana pendapat kalian?