mushroom (3)

Nanda Putri Rahmania

Poin Penting dalam Penggunaan Pewangi yang Harus Anda Ketahui

Pewangi menjadi sebuah pelengkap penting dalam kegiatan membereskan pakaian. Belum lengkap rasanya beres – beres pakaian kalau belum disemprot pewangi. Agar hasilnya semakin maksimal, dalam penggunaan pewangi ada beberapa poin penting yang perlu dipahami.

Apa sajakah poin penting dalam penggunaan pewangi yang perlu dipahami? Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya supaya pakaian bukan hanya bersih tapi juga wangi dan harum tahan lama. Jadi simak informasinya ya!

Poin Penting Penggunaan Pewangi

Jaga jarak aman penyemprotan

Hindari menyemprotkan pewangi sembarangan. Cari tahu berapa jarak aman penyemprotan pewangi supaya pewangi tidak menguap ke udara tapi juga tidak menimbulkan bekas pada pakaian.

Baiknya pewangi disemprotkan pada pakaian dengan jarak sekitar 20 cm. Jarak tersebut merupakan jarak ideal dalam penyemprotan pewangi pada pakaian. Jadi, hindari menyemprotkan pewangi terlalu dekat atau terlalu jauh jika ingin pakaian wanginya tahan lama dan tidak berjamur.

Semprotkan pewangi hanya jika kondisi pakaian sudah benar – benar kering

Pakaian yang sudah disemprotkan pewangi bisa saja berjamur jika pakaian disemprot pewangi dalam kondisi setengah basah atau tidak benar – benar kering. Jadi pastikan sebelum pewangi disemprotkan, cek kondisi pakaian.

Jika pakaian masih dalam kondisi basah atau setengah basah, lebih baik keringkan terlebih dahulu. Kalau kondisinya sudah benar – benar kering, baru Anda bisa semprotkan pewangi.

Kondisi pakaian yang setengah basah atau masih basah dan disemprot pewangi bukan hanya menimbulkan jamur, tetapi juga menimbulkan bau tidak enak pada pakaian.

Jangan berpatokan pada harga, berpatokanlah pada kualitas

Apakah pewangi yang bagus pasti harganya mahal? Belum tentu. Jadi pastikan bahwa dalam memilih pewangi, gunakan pewangi yang kualitasnya bagus. Anda bisa cek dulu kualitasnya dengan membeli satu dan semprotkan pada pakaian yang tidak dipakai.

Jika pewangi tersebut menimbulkan bercak kekuningan dan noda maka kualitas pewangi tersebut tidak bagus. Tapi kalau pewangi tersebut tidak menimbulkan bercak dan noda, maka Anda bisa memilihnya untuk penggunaan jangka panjang karena kualitasnya dapat diandalkan.

Jangan mencampur pewangi dengan air

Instrumen air memiliki kadar kelembaban yang memicu timbulnya jamur pada pakaian. Karena itu, hindari mencampur pewangi dengan air meski Anda ingin berhemat sekalipun.

Pewanginya dihemat tapi kalau bajunya berjamur tentu menjadi sangat percuma. Apalagi kalau jamur tersebut timbul pada pakaian kesayangan Anda.

Semprotkan pewangi pada pakaian secara tepat

Poin penting lain dalam penggunaan pewangi adalah alat semprot. Hindari mengucurkan pewangi dengan tangan atau alat semprot satu arah karena pewangi akan cepat habis.

Selain itu pewangi juga akan mengendap di satu titik yang menimbulkan bercak tidak enak dilihat. Pastikan pilih alat semprot yang memiliki titik tersebar sehingga ketika disemprot, pewangi dapat menguap seperti udara dan tidak meninggalkan bekas apapun.

Wrap pakaian untuk mempertahankan aroma wangi pewangi

Mengapa pakaian yang dilaundry di wrap dengan plastik laundry setelah selesai diberi pewangi? Salah satu alasannya selain kerapian adalah untuk mempertahankan aroma wangi pada pakaian. Setelah pakaian diwrap, aroma wangi dari pewangi tidak akan menguap begitu saja karena menempel di ruang wrap sehingga pakaian bisa wangi berhari – hari bahkan berminggu – minggu.

Itulah beberapa poin penting dari penggunaan pewangi yang harus dipahami. Baca dan terapkan informasi yang kami bagikan di atas, supaya wangi pakaian dapat bertahan lama.